Serunya Live Blogging dengan Sinyal yang Terbatas

“Kak, kamu yang pesan gojek?”, tanya mama dari ruang tamu.
“Yes, mam”, sahutku dari belakang pintu kamar.
“Emang mo ke mana sih? Baru juga pulang..”, protes mama.
“Acara blogger camp ma, hari raya blogger nasional besok,” sambil pamit sama mama.
“Hati-hati, jangan lupa oleh-oleh ya.” mama dadah-dadah ke aku yang naik gojek.

Aku mengarahkan abang gojek ke salah satu sudut jalan di Makassar, yaitu ke Kepo (Kedai Pojok) Adhyaksa. 1pm, aku report di group klo aku otw kepo. Sesampainya di Kepo, aku menyapa “keluarga”ku.

image

Yap, keluarga. Buatku, tumbuh berkembang bersama teman-teman ini selalu menyenangkan. Lulus SMA, sampai aku kerja full-time, bersama mereka membuatku lebih matang dalam bersikap utamanya dalam events management dan berkomunitas. Aku bersama mereka hampir 8 tahun, mulai dari yang belum menikah sampai mereka sudah punya anak :’))

Yay, liburan lagi! Aku selalu suka menghabiskan waktu bersama keluargaku. Mau serius-serius sampai santai-santai, hayuk..
Nah, kali ini 26-27 Oktober 2015, kita mengunjungi PPLH Puntondo, Takalar, ada acara seru, yaitu Blogger Camp Indonesia 2015!
Kita ditantang live blogging dan live report dengan hashtag #bloggercampid #lovekonten #mks, dengan segala keterbatasan yang ada! Semangka!

3.15pm: opening greet from dg. Ipul, doa bersama sebelum berangkat
3.30pm: go to PPLH Puntondo, kita ramai-ramai menggunakan bus dari Kepo ke PPLH Puntondo
6.15pm: akhirnya sampai di Puntondo
7.15pm: isi lambung tengah
8.10pm: acara dimulai tapi mati lampu huhu
8.35pm: sesi sharing dimulai!

Dg. Ipul memimpin sharing perkembangan blog di Makassar, dimulai oleh Kak Made,  mewakili keluarga AM. Kata Made, perkembangan blog di Makassar fluktuatif, tapi sekarang makin banyak yang coba ngeblog, seperti teman-teman Kelas Menulis Kepo.

Menyambung kak Made, Kak Ancu menimpali bahwa teman-teman di kelas menulis kepo, diawali dengan rasa ingin tahu yang besar.
Abdi, perwakilan komunitas blogger maros, memiliki opini yang berbeda. Komunitas sempat mati suri, karena teman-teman fokus cari visitor. Sehingga yang masih ada waktu, menarik anggota dari teman-teman pelajar. Salah satunya Ira dari KBPM. Tantangannya, teman-teman menulis ketika ada event, ada program namanya studblog.

Ari, perwakilan dari Sinjai. Perkembangannya menurun, karena rekan-rekan melanjutkan studi di Makassar. Sementara adik-adik kebanyakan aktif di RelawanTIK, dengan alasan supaya pengetahuannya tidak melulu blog.

Ryan, perwakilan kompasiana. Tahun 2013 terbentuk kompasiana Sulawesi, sementara pada tahun 2015 terbentuklah kompasiana Makassar. Kegiatan terakhir yaitu melakukan sharing strategi bisnis di UNM, dan jelajah uang non tunai di BI. Secara pribadi, Ryan lebih suka ngeblog di Kompasiana karena tidak ribet soal template.

Batara, perwakilan FLP makassar. Sehabis menulis, teman-teman FLP punya kebiasaan publish di blog, atau kirim ke media. Nah, dalam waktu dekat akan ada kajian sastra besar-besaran, festival sastra islam di makassar nanti Desember 2015.

Muhammad furqan abdullah, a.k.a abang ipuy. Doi yang paling happening. Berasal dari Mempawah, 80km dari Pontianak, domisili di Bogor, aktif berbagai komunitas. Bang Ipuy sharing untungnya punya banyak teman di berbagai daerah, gara-gara ngeblog dan berkomunitas.

Salah satu speaker kita, mas Didut, teman dari loenpia.net. Aktif di komunitas blogger sudah 10 tahun, dan beliau kangen blogwalking. Salah satu aktivitas langka yang benar-benar jarang ditemui di kalangan blogger kekinian.

Nah, ada pula Dg. Ipul, tahun 2012 berhenti kerja dan menjadi full-time blogger. Bekerja dari blog atau jaringan yg terbentuk dari blogger. Beliau berulang kali menekankan bahwa membangun jaringan lewat blog itu bermanfaat sekali. Ia memperhatikan perkembangan blog mulai remeh temeh hingga berat, namun sekarang ini blogger kebanyakan lebih sering ke ‘berat’nya karena yang remeh temeh lebih banyak disharing di media sosial yang lain seperti fb, twitter, path.

Setelah snack, mulai lagi, photoblogging dari Iqbal Lubis. Beliau sharing mengenai EDFAT, yaitu simple method to do, melatih cara pandang melihat sesuatu dengan detil yang tajam. EDFAT adalah Entire, Detail, Frame, Angle, Time.

• Entire, etablished shot secara keseluruhan.
• Detail, poin khusus, poin of interest.
• Frame, membingkai detail yang telah dipilih, melatih komposisi
• Angle, harus jeli, memilah sudut mana yang akan diambil.
• Time, melatih kesabaran.

Setelah ditutup dengan sharing session yang keren dari kak Iqbal, kita serempak meninggalkan aula untuk rehat.

Jam 7 pagi, kita semua berkumpul untuk makan pagi dan bermain games! Berkelompok sebanyak 4 kelompok terdiri dari 6-7 orang, kita bermain yang intinya membangun kekompakan dan kerja sama tim.

Link video games #bloggercampid #lovekonten #mks: https://instagram.com/p/9U8ki2JdHC/ (gagal unggah ke blog terus T.T)

Setelah mandi, kita semua berkumpul di aula untuk sharing session lagi bersama kak Made dan Mas Didut. Intinya, membangun kredibilitas blog itu penting, karena bisa jadi blog adalah salah satu pintu rejeki buat kita. Terlebih jika kita intensif dan konsisten mengisi blog kita.

Terima kasih kepada Indosat, Qwords.com, Tauzia Hotels, Juara Agency, Blue Bird Group, Vedit, NetMediatama, dan segenap sponsor yang membuat acara keren ini berhasil terwujud! Sampai ketemu di Next Bloggercamp Id berikutnya, kakak!

image

8 thoughts on “Serunya Live Blogging dengan Sinyal yang Terbatas

  1. Gak sia-sia menunda kepulangan dan ikutan acara super keren ini di kota Makassar. Tambah pengalaman, tambah ilmu dan pastinya banyak tambah temen baru… Semoga kita dipertemukan kembali di lain kesempatan…

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) dari pojok wifico telkom Makassar… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *